Wisata Kuliner Makanan khas Lampung yang menggoda



Wisata Kuliner Makanan khas Lampung yang menggoda
Wisata Kuliner Makanan khas Lampung yang menggoda - Provinsi Lampung memiliki potensi wisata yang cukup besar. Jika anda berkunjung ke provinsi ini, anda bisa beriwisata budaya di berbagai Kampung Tua di Sukau, Liwa, Kembahang, Batu Brak, Kenali, Ranau dan Krui di Lampung Barat. Selain berwisata budaya, anda pun bisa mengunjungi beragam festival yang ada di provinsi ini, seperti Festival Sekura di Lampung Barat yang biasanya diadakan seminggu setelah Idul Fitri, Festival Karakatau di kota Bandar Lampung, Festival Teluk Stabas di Lampung Barat dan Festival Way Kambas di Lampung Timur. Tentu anda tertarik bukan untuk menghadiri acara- acara budaya tersebut, maka mari datanglah berkunjung ke Indonesia, terutama ke provinsi Lampung.











1. TEMPOYAK

Tempoyak Wisata Kuliner Makanan khas Lampung yang menggoda

























Mungkin masih cukup banyak orang yang belum tahu apa tempoyak itu,,?? Menurut jejak kuliner saya (ceile, kayak pernah berkuliner aja), tempoyak itu adalah makanan khas lampung yang merupakan hasil fermentasi dari  buah durian. Pada tau durian khan ?? hhee,, Karena hasil fermentasi, maka rasa tempoyak ini sedikit asam-asam gimana gitu,,.. Katanya sih, tempoyak ini lebih enak kalau dimakannya dicampur dengan seruit (bukan seruit.com lho,,hhee). Lebih mantap gitu rasanya katanya. Saya yang mendengar begitu aja langsung pengen nyobain, gak sabar,. Do’ain ya biar saya bisa cepat mencobanya.hhe

















Berikut cara membuat tempoyak durian :


Bahan :
- buah durian terlalu matang dan cenderung berasa asam-pahit
- sedikit garam

PEMBUATAN :



Ambil daging buah durian atau duren, masukan ke dalam guci atau stoples sembari bubuhi garam secukupnya,lalu ditutup rapat. Setelah sekitar Satu Minggu, buka dan diaduk rata, tempoyak siap digunakan.


Cara Membuat Sambal Tempoyak : 

Campurkan Tempoyak (seperlunya) yang akan dimasak dengan bawang putih, bawang merah, dan cabe yang telah dihaluskan atau dipotong kecil-kecil. Tambahkan sedikit gula sebagai pengganti penyedap rasa. Goreng sebentar (sekitar 2-3 menit) didalam penggorengan dengan minyak goreng secukupnya untuk melayukan bahan-bahan tersebut. Setelah layu, tempoyak siap dihidangkan hangat-hangat.


2. SERUIT 


Sambal Seruit Wisata Kuliner Makanan khas Lampung yang menggoda











Berbagai masakan khas Lampung sering terdengar oleh masyarakat Indonesia di manapun. Tak berbeda jauh dengan ciri khas Palembang, selain memang lokasinya berdekatan masyarakat Lampung juga mengadopsi masakan yang berbau ikan dan sambal asem manis.Masakan khas Lampung adalah seruit, yaitu masakan ikan digoreng atau dibakar dan dicampur dengan sambel terasi, tempoyak (olahan durian) ata upun mangga. Jenis ikan adalah besarnya ikan sungai seperti belide, baung, layis dll, ditambah lalapan. Sedangkan minumannya adalah serbat, terbuat dari jus buah mangga kwini. Di toko-toko makanan dan oleh-oleh, juga terdapat makanan khas yaitu sambel Lampung, lempok (dodol), keripik pisang, kerupuk kemplang, manisan dll. Hidangan lalapan dalam sambal seruit bisa bervariasi, namun di Lampung dikenal berbagai jenis tumbuhan yang cocok menjadi bahan lalapan. Selain timun, petai, kemangi, kol dan tomat. Namun tersedia pula lalapan jagung muda, pepaya dan adas. Masyarakat lampung sangat mempercayai bahwa jika ingin makan sebaiknya tidak sendiri. Karena mencicipi masakan seruit tak ada hasilnya jika tidak dinikmati oleh teman-teman ataupun banyak orang. Sehingga yang selalu ada dibenak mereka adalah siapa yang akan diseruit jika tidak ada orang lain dan ingin nyeruit apa? Hal ini mungkin terjadi karena perkataan ini berarti siapa yang akan dijahili dengan rasa pedasnya sambal dari seruit itu. Selain itu, ada pula makanan khas Lampung, yaitu durian. Lokasi yang mudah dicari adalah Batu Putuk dan Sukadanaham. 






makan seruit disebut dengan istilah nyeruit.. yang artinya adalah kegiatan makan yang dilakukan secara bersama-sama dengan hidangan sebagaimana tersebut di atas, yaitu sambol seruit, ikan gabus bakar, lalapan berupa ketimun, labu siam rebus, daun-daunan segar, terong lurik muda yang bulat-bulat, dengan nasi putih yang masih “ngepul” panas. waktu saya nyobain sih emang mantap gitu sih, pedes-pedes nikmat gimana gitu.



3. LAPIS LEGIT


Lapis Legit Wisata Kuliner Makanan khas Lampung yang menggoda



Saya yakin sudah cukup banyak orang yang sudah tau lapis legit ini. Kata teman saya sih, bahan-bahan untuk membuat lapis legit adalah telur, susu, tepung t erigu, gula, dan masih beberapa lagi sih yang saya lupa itu,,hhee. Rasa lapis legit ini gak usah ditanya lagi, namanya saja sudah lapis legit, pasti rasanya leeggiittt lah.. Saya sih sudah sering mencobanya, memang benar-benar legit.


Sekian aja nih ya ‘jalan-jalan kuliner’ di lampungnya,. Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas lampung yang lainnya, seperti kopi luwak, dodol lampung, engkak ketan, sekubal, dan masih banyak lagi….bagi yang belum  pernah nyoba makanan diatas, wajib deh cobain.. Buruan deh ke lampung…















4. BAKSO SONI HAJI SONY


Bakso Sony Wisata Kuliner Makanan khas Lampung yang menggoda
Bagi anda penyuka Bakso, jangan lewatkan untuk mencicipi Bakso Sony yang sangat terkenal di Lampung yang sangat mudah ditemui  karena banyak memiliki 7 cabang resmi dan tersebar di Kota Bandar Lampung. Bakso Sony merupakan bakso daging sapi asli yang kenyal dan berserat, rasa lada hitam cukup dominan pada bakso dan kuahnya yang gurih dan lezat. Jika menikmati bakso ini favorit saya dengan manambahkan banyak cabe dan kecap manis. Tak heran jika setiap cabang Bakso Sony selalu dipenuhi pengunjung dan setiap pulang ke Lampung saya selalu menyempatkan diri untuk menikmati semangkuk Bakso Sony beserta kerupuk bawang dan juice melon.

5. GULAI TABOH 

Gulai Taboh Wisata Kuliner Makanan khas Lampung yang menggoda

Gulai Taboh adalah kuliner khas Lampung yang juga dapat diartikan sebagai gulai santan. Gulai ini biasanya berisi khattak atau kacang kacangan seperti kacang/khattak gelinyor, kacang merah/khattak ngisi, kacang panjang/khattak kejung, khattak tuwoh, rebung, kentang dan lain lain.

6. GABING

gabing Wisata Kuliner Makanan khas Lampung yang menggoda

Gabing ialah makanan khas lampung yang terbuat dari batang kelapa muda. wah pasti banyak nih para pembaca yang belum makan atau belum pernah dengar . ya batang kelapa muda tersebut di potong dengan ukuran sedang setelah itu di sayur dengan kuah santan , rasa yang di berikan oleh batang kelapa ini adalah rasa manis dan gurih apa bila di gigit, rasa yang di timbulkan ialah rasa unik dan menarik.

7. UMBU 

umbu Wisata Kuliner Makanan khas Lampung yang menggoda
Umbu ialah suatu lalapan yang asli dari lampung. lalapan ini bukan berbentuk dedaunan hijau , umbu ialah lalap yang terbuat dari rotan muda yang di rebus hingga lunak . mungkin tebakan kalian makanan ini rasanya mirip dengan gabing? tetapi kenyataannya makanan ini jauh berbeda dengan gabing , umbu lebih cendrung berasa pahit seperti pare , tetapi pahit umbu ini dapat membangkitkan napsu makan loh.


No comments:

Post a Comment